PENILAIAN KEBERSIHAN DAN
KERAPIHAN MEJA KERJA PEGAWAI
DI LINGKUNGAN INSPEKTORAT
INVESTIGASI
#INVESTIGASI
#SIMENDIT #SIPINAL-WBK/WBBM #SIMONPENGENAL
Dalam mendukung terciptanya budaya kerja yang bersih
dan rapih di
lingkungan Kementerian Kesehatan RI,
Inspektorat Investigasi sejak tahun 2018 telah melaksanakan kegiatan penilaian kebersihan dan kerapihan meja kerja
pegawai di lingkungan Inspektorat Investigasi. Bagi pegawai yang meja kerjanya
dianggap memenuhi kriteria penilaian akan diberikan penghargaan oleh Inspektur
Investigasi berupa medali kebersihan yang disematkan pada meja pegawai yang
bersangkutan. Pemberian medali penghargaan ini diharapkan menjadi
pemicu bagi pegawai yang dinyatakan sebagai pemenang untuk berusaha
mempertahankannya dan bagi yang belum beruntung agar selalu berusaha keras
menata diri dan meja kerjanya untuk menjadi bersih dan rapi sesuai
kriteria penilaian.
Contoh Medali Kebersihan dan Kerapihan Meja Kerja Bulan Oktober
2019
Selain itu
bagi pegawai yang memperoleh medali penghargaan, namanya juga akan dicantumkan
dalam sertifikat penghargaan yang ditandatangani oleh Inspektur Investigasi.
Contoh Sertifikat
Penghargaan
Kriteria Penilaian yang
digunakan:
Ringkas : Pilah dan pisahkan dokumen yang tidak perlu;
Rapih : Lakukan penataan ditempat kerja;
Resik : Jaga kebersihan di tempat
kerja;
Rawat : Pelihara kondisi rapi
resik di tempat kerja;
Rajin : Biasakan ringkas rapi
resik di tempat kerja.
Kriteria
tambahan : Tidak ada dokumen/laporan hasil kegiatan
pengawasan diatas meja
: : kerja.
Tujuan
diadakannya penilaian ini adalah untuk membudayakan kebersihan dan kerapihan
meja kerja masing-masing pegawai sehingga pegawai merasa nyaman bekerja di
kantor serta sekaligus untuk menjaga kerahasiaan dokumen-dokumen. Pegawai
penerima medali penghargaan tidak dibatasi, semakin banyak penerima medali
penghargaan berarti semakin banyak pegawai yang telah menerapkan budaya kerja
bersih dan rapih. Semakin banyak pegawai menerima medali penghargaan berarti
secara konsisten menerapkan budaya kerja bersih dan rapi.
Petugas penilai kegiatan
ini berasal dari Subbagian TU Inspektorat Investigasi. Penilaian dilakukan setiap
bulan saat pegawai yang bersangkutan tidak ada di kantor dengan memfoto meja
kerja pegawai yang bersangkutan. Pegawai yang sedang tugas belajar (tubel)
tidak dilakukan penilaian pada meja kerjanya. Sejak dilaksanakan penilaian kebersihan dan kerapihan meja kerja
pegawai dilingkungan Inspektorat Investigasi, berikut adalah contoh kondisi
meja kerja pegawai yang telah memperoleh penghargaan dari Inspektur Investigasi
setiap bulannya.
Meja Arif Budiawan, SH, MM Meja dr.
Abdul Djamaludin
Pelaksanaan kegiatan penilaian kebersihan dan kerapihan meja kerja
pegawai ini masih perlu terus dilaksanakan dan diharapkan budaya kerja bersih
dan rapi akan terinternalisasi di setiap pegawai dilingkungan Inspektorat
Investigasi.
Penulis
Ahmad
Fahrudin, SE
Tidak ada komentar:
Posting Komentar